top of page

5 Metrik Indikator Inovasi yang Harus Diperhatikan oleh Setiap CEO


Apakah strategi inovasi perusahaan anda berhasil? Sebagai seorang CEO, inovasi memang bagian dari pekerjaan, tapi tahukah anda apakah inovasi tersebut benar-benar memberikan perubahan? Saatnya untuk fokus dalam menggunakan data. Lima indikator ini adalah informasi penting yang harus diketahui oleh semua CEO ketika mengevaluasi keberhasilan strategi inovasi mereka. Mari pahami bersama metrik-metrik ini yang dapat membantu anda mendorong inovasi dan melihat pengaruhnya pada perusahaan anda.


Pentingnya metrik inovasi

Perusahaan perlu mengukur keberhasilan inovasi mereka melalui indikator-indikator untuk memastikan mereka mencapai keberhasilan dengan proyek atau inisiatif inovasi mereka. Metrik inovasi membantu organisasi memahami hasil upaya mereka, mengidentifikasi area-area yang bisa dikembangkan, dan mengoptimalkan sumber daya yang mereka miliki. Mereka juga memberikan visibilitas tentang bagaimana performa produk baru di pasar, membantu perusahaan mengidentifikasi kebutuhan pelanggan dengan lebih mudah. Rangkaian indikator inovasi memungkinkan perusahaan melacak kemajuan dari waktu ke waktu dan membuat keputusan berbasis data.


Terobosan dalam teknologi dan model bisnis dapat berdampak signifikan pada keuntungan organisasi, sehingga menganalisis metrik ini sangat penting untuk memahami bagaimana inovasi membantu perusahaan anda berkembang. Namun, terlalu fokus pada pendapatan dapat mengarahkan anda pada jalur yang aman dan mengurangi ruang ide-ide revolusioner untuk terbentuk. Sangat penting untuk mempertimbangkan kedua pandangan tersebut sebagai bagian dari proses pengambilan keputusan anda saat mempertimbangkan investasi dan strategi inovasi.


Bagaimana cara mengukur inovasi

Inovasi dapat diukur dengan berbagai cara. Salah satu metode paling populer adalah melihat metrik pertumbuhan, seperti penjualan dan keuntungan. Misalnya, jika sebuah perusahaan meluncurkan produk atau layanan baru, dan mereka mengalami peningkatan penjualan atau keuntungan dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya, kemungkinan inovasi tersebut berhasil. Metrik lain seperti jangkauan pelanggan, keterlibatan, atau pangsa pasar juga dapat mengukur keberhasilan inovasi. Selain itu, survei juga dapat dilakukan untuk mengukur bagaimana pelanggan memandang inovasi dan bagaimana hal tersebut mempengaruhi perilaku mereka. Metode kualitatif seperti wawancara dengan pemangku kepentingan juga dapat memberikan wawasan lebih dalam tentang dampak inovasi pada budaya organisasi.


Kerjasama kami dengan BNP Paribas menampilkan beberapa indikator mengesankan yang dicapai selama kolaborasi tersebut. Data tersebut mengungkapkan bahwa kemitraan tersebut telah mengakselerasi 51 startup, dengan 62 PoC (Proof of Concept) — 37% di antaranya berlanjut ke tahap produksi. Selain itu, BNP Paribas mengamati peningkatan pengguna yang mengesankan, yaitu lebih dari 150.000 sejak awal kolaborasi. Contoh ini hanya menunjukkan beberapa dari banyak cara perusahaan dapat mengukur metrik inovasinya. Dengan berfokus pada indikator ini, organisasi dapat lebih baik dalam menentukan area-area yang perlu diperbaiki dan memaksimalkan investasi dari kolaborasi dengan mitra eksternal.


Metrik indikator inovasi yang penting bagi CEO

1) Return on Investment (ROI)

Metrik ini mengukur berapa banyak pendapatan yang dihasilkan oleh sebuah perusahaan dari sebuah kegiatan atau inisiatif yang didasari oleh inovasi. Ini sangat penting karena membantu perusahaan mengevaluasi keberhasilan upaya mereka, dan menentukan inisiatif mana yang layak untuk diteruskan atau dikembangkan, serta mengukur dampak finansial dari investasi mereka dalam inisiatif inovasi ini.


2) Waktu memasuki Pasar

Metrik ini mengukur seberapa cepat sebuah perusahaan dapat memasarkan produk atau layanan baru. Hal ini penting untuk karena memungkinkan perusahaan mengidentifikasi peluang untuk meningkatkan efisiensi dan mempercepat kemampuan mereka dalam meluncurkan produk atau layanan baru. Selain itu, dengan memahami metrik ini, perusahaan dapat membuat keputusan berdasarkan informasi tentang kapan harus berinvestasi dalam inisiatif baru dan kapan fokus pada peningkatan produk dan layanan yang sudah ada.


3) Idea Generation Rate

Untuk tetap kompetitif, perusahaan harus mengidentifikasi dan mengembangkan konsep-konsep baru dengan cepat. Metrik ini melihat kreativitas karyawan dengan mengukur keterlibatan mereka dalam proses menemukan potensi. Dengan demikian, organisasi dapat mengembangkan produk dan layanan baru yang dapat memicu inovasi berkelanjutan.



4) Dampak Budaya

Ini adalah indikator penting untuk rencana inovasi perusahaan karena mencerminkan seberapa sukses sebuah produk di target pasarnya. Perusahaan harus memahami bagaimana produk, layanan, proses, dan strategi mereka agar selalu sejalan dengan berbagai budaya di seluruh dunia untuk tetap kompetitif. Dampak budaya dapat mencakup selera dan preferensi regional atau nasional, regulasi lokal, adat keagamaan, norma sosial, kemampuan teknologi, dan sumber daya ekonomi. Dengan mempertimbangkan budaya saat mengembangkan solusi dan produk yang inovatif, perusahaan dapat memastikan mereka mencapai sebanyak mungkin pelanggan dan memaksimalkan keberhasilan. Menginvestasikan waktu dan penelitian untuk memahami konteks budaya memungkinkan perusahaan menciptakan hubungan yang lebih berarti dengan pelanggan, yang pada akhirnya mengarah pada penetrasi pasar yang lebih besar dan keberhasilan yang berkelanjutan.


5) Skor Kepuasan Pelanggan

Metrik utama untuk inovasi perusahaan karena dapat memberikan wawasan tentang sejauh mana perusahaan merespons kebutuhan pelanggan secara tepat waktu dan efektif. Skor kepuasan pelanggan yang baik dapat menunjukkan bahwa perusahaan memenuhi harapan pelanggan dan berinovasi menghadapi permintaan pasar yang berubah. Metrik ini juga dapat membantu merencanakan inovasi karena perusahaan ingin menggunakan masukan pelanggan untuk mengidentifikasi area-area yang harus diperbaiki, fokus pada pengembangan produk baru yang memenuhi kebutuhan pelanggan, atau menyesuaikan produk yang sudah ada dengan persyaratan tersebut. Selain itu, skor kepuasan pelanggan dapat digunakan untuk mengukur loyalitas pelanggan dan mendemonstrasikan efektivitas berbagai kampanye pemasaran. Semua wawasan ini sangat berharga dalam mengembangkan rencana inovasi yang efektif dan sukses.


Bagaimana metrik KPI inovasi ini dapat dilacak dan ditingkatkan

Metrik dan indikator inovasi sangat penting untuk melacak, mengukur, dan meningkatkan inovasi perusahaan. Mereka memberikan objektif untuk mengevaluasi kemajuan dan harus mencerminkan tujuan dan nilai perusahaan. Data dari sumber internal seperti survei, masukan pelanggan, riset pasar, dan laporan keuangan dapat digunakan untuk mengukur kinerja inovasi. Selain itu, sumber eksternal seperti analisis persaingan, tren industri atau teknologi, dan analisis sentimen pelanggan dapat digunakan untuk mengidentifikasi peluang perbaikan.


Heikki Koponen, Manajer Sumber Daya Startup dan Analisis Pasar di Fortum, menekankan pentingnya aset tak berwujud dalam indikator inovasi dengan menyebutkan bahwa "metrik cenderung berbasis tindakan dan tidak banyak berbasis dampak." Tidak cukup hanya mengukur aktivitas, tetapi metrik berbasis dampak juga harus digunakan. Ini adalah konsep yang penting bagi setiap organisasi yang ingin membuat kemajuan yang revolusioner melalui analisis mereka. Robert Stenekes, yang merupakan Direktur Inovasi Eksternal di ICL Group, juga menyebutkan beberapa metrik inovasi yang mereka perhatikan:


Berapa banyak startup yang terlibat dalam bisnis anda?

Berapa banyak proyek pilot yang mereka jalankan?

Berapa banyak teknologi yang anda telaah?

Berapa banyak kolaborasi yang anda mulai?


Untuk tetap unggul dari pesaing, penting untuk memahami bahwa aset tak berwujud bisa sama berharganya — jika tidak lebih berharganya — daripada aset berwujud. Ambil contoh Netflix; meskipun algoritma rekomendasi pelanggan mereka dan strategi lainnya mungkin tidak terlihat dalam laporan keuangan, investasi ini dalam budaya dan pelatihan karyawan adalah hal yang telah membuat mereka berada di puncak industri.


Untuk memastikan inovasi sukses, penting untuk mengidentifikasi titik data yang berwujud dan tak berwujud yang akan memberikan informasi pada KPI yang terkait. Metrik ini dapat mengukur kepuasan pelanggan terhadap produk atau layanan, hak paten yang terdaftar dalam periode waktu tertentu, atau waktu yang dibutuhkan untuk meluncurkan produk atau layanan baru — semua informasi yang diperlukan yang harus dimasukkan saat menetapkan rencana yang efektif. Selain itu, strategi ini memerlukan penjelasan tentang bagaimana sumber daya dialokasikan untuk proyek dan inisiatif yang relevan dan cara tim dalam organisasi berkolaborasi dengan efektif sambil memanfaatkan teknologi canggih melalui prosedur seperti memperoleh data pelanggan dengan cepat.


Pentingnya mengkomunikasikan strategi inovasi kepada semua anggota organisasi

Dalam setiap proyek inovasi yang berhasil, penting bagi CEO dan tim kepemimpinan untuk menjadikan komunikasi yang kuat sebagai prioritas. Penelitian dari University of Technology Sydney menunjukkan bahwa hanya 29,3% karyawan yang memahami strategi perusahaan mereka — tetapi dengan penetapan tujuan yang jelas dan berbagi kemajuan secara transparan di seluruh organisasi, kolaborasi untuk mencapai tujuan dapat menjadi lebih mudah bagi semua yang terlibat. Organisasi dapat menciptakan lingkungan yang mendorong kreativitas dan kolaborasi antar tim dengan melakukan pembaruan secara teratur tentang kemajuan dan merayakan tidak hanya kesuksesan, tetapi juga kegagalan. Mengkomunikasikan indikator-indikator ini menjaga semua orang tetap sinkron dan membuat proyek inovasi berhasil.


Metrik indikator inovasi sangat penting untuk berhasil melaksanakan rencana inovasi

Mengambil langkah-langkah yang tepat untuk mengukur inovasi perusahaan anda dapat membuat perbedaan besar dalam sejauh mana anda dan organisasi anda dapat berkembang. Para pengambil keputusan harus terus berusaha meningkatkan pemahaman mereka tentang KPI yang paling penting bagi keberhasilan inovasi, sehingga mereka dapat melacak kemajuan dan melakukan perbaikan jika diperlukan. Memahami metrik ini juga akan membantu manajer dalam mengalokasikan sumber daya dan mengutamakan inisiati. Komunikasi yang jelas mengenai pengukuran kinerja yang ditetapkan sangat penting dalam melibatkan anggota tim dan mendorong investasi yang lebih besar dalam inovasi dari dalam organisasi. Berbagi kesuksesan atau kegagalan tidak perlu terasa berisiko — itu sangat penting untuk mendorong pembelajaran tim, eksperimen, dan mengambil risiko dari dalam organisasi.


Penutup

GK-Plug and Play sebagai bagian dari ekosistem inovasi global di Indonesia, memiliki tujuan untuk membawa perkembangan-perkembangan, inovasi-inovasi dan informasi yang terjadi di industri seluruh dunia ke Indonesia. Dengan harapan hal-hal tersebut mampu membawa perubahan dan memacu serta memeriahkan iklim inovasi di Indonesia. Jika anda atau perusahaan anda sedang dalam proses membangun strategi dan budaya inovasi, kami di GK-Plug and Play mampu memberikan konsultasi dan menghubungkan anda dengan startup-startup inovatif di bidangnya, yang tergabung dalam ekosistem kami.


Bergabung di ekosistem kami di sini


Yorumlar


Recent Posts
Dukung Transformasi Digital, Assemblr Hadir dalam Tech for Business 2023

Dukung Transformasi Digital, Assemblr Hadir dalam Tech for Business 2023

Dukung Transformasi Digital, Assemblr Hadir dalam Tech for Business 2023

6Estates dan FundFluent Bekerjasama untuk Digitalisasi Sistem Pendanaan

6Estates dan FundFluent Bekerjasama untuk Digitalisasi Sistem Pendanaan

6Estates dan FundFluent Bekerjasama untuk Digitalisasi Sistem Pendanaan

BintanGO Raih Investasi Hingga 72 Miliar

BintanGO Raih Investasi Hingga 72 Miliar

BintanGO Raih Investasi Hingga 72 Miliar

bottom of page