top of page

Apa Saja Yang Akan Menyambut Kita di 2023?


Sepanjang tahun ini banyak sekali perubahan-perubahan yang terjadi di dunia korporasi, investasi dan inovasi. Mulai dari berkembangnya startup-startup yang berfokus dalam sisi sustainability lingkungan, merebaknya industri pendukung ekosistem kendaraan listrik, dan makin meluasnya transformasi teknologi keuangan. Namun, bagaimana dengan tahun 2023?


Tahun 2022 ini, GK-Plug and Play berperan aktif dengan berpartisipasi dan mengadakan agenda-agenda yang sesuai dengan kondisi industri saat ini. Seperti belum lama ini kami mengadakan kerja sama dengan Ozora dan beberapa Venture Capital lain untuk mengadakan Surabaya Start Up Fest 1.0, dan dengan FinFolk dalam bentuk Pitching Competition di FinFolk Fest 2022. Kami juga mengadakan Program Akselerator GIA Jakarta dan Innovation Night.


Open Corporate Innovation


Mari kita simak data dari PwC dan Mckinsey di bawah ini:


Sumber : PwC



Sumber : McKinsey


Pada studi yang dilakukan PWC, open innovation merupakan model inovasi yang sekarang lebih diminati ketimbang internal model. Secara lebih spesifik, kolaborasi antara startup dan korporasi meningkat karena telah ditemukannya sinergi antara korporasi sebagai business problem owner dan startup sebagai solution provider, bukan kompetitor. Kolaborasi dengan startup juga mengakselerasi proses inovasi, dengan solusi model plug and play yang secara cepat dapat dilakukan pilot, dibandingkan membangun dari nol.


Dari sisi investasi, startup dengan corporate-backing mempunyai long term performance yang lebih baik, menurut studi dari McKinsey. Maka bagi GK Plug & Play sebagai early investor, menjadi penting untuk bisa menjembatani portfolio kami untuk mendapatkan akses kepada korporasi, baik dari sisi business development, product development, maupun later-stage investment.


Oleh karena itu, berdasarkan data, kegiatan-kegiatan dan program-program yang kami adakan, serta melihat dari tren industri akhir-akhir ini, Raja Sumbayak, Innovation Lead GK-Plug and Play menyatakan ada beberapa hal yang akan menjadi sesuatu yang menarik untuk diperhatikan di tahun 2023. Hal-hal tersebut adalah :


  • Akan semakin banyak startup-startup yang berfokus di industri sustainability lingkungan dan pendukung kendaraan listrik

  • Korporasi-korporasi akan semakin banyak juga yang memfokuskan diri untuk mendigitalisasi produk, bisnis process, dan pivot operasional menjadi lebih ramah lingkungan

  • Agritech dan startup-startup yang berfokus dalam ketahanan pangan, serta infrastruktur pendukungnya seperti alternative protein startup kemungkinan menjadi bintang baru di 2023


Investment

Bagi Venture Capital, menemukan startup yang inovatif dengan model bisnis yang sesuai adalah hal yang sangat penting. Berikut adalah beberapa hal yang menurut Reza Drysananda, Investment Manager dari GK-Plug and Play harus diperhatikan:


  • Kemacetan Supply Chain akan semakin parah sebelum membaik

  • Climate Tech akan menjadi titik terang

  • Akan semakin banyak investor yang lebih baik, semakin sedikit “Turis VC” dan due diligence yang lebih menyeluruh

  • Valuasi Seed akan tetap tinggi, sementara Stage lain akan menghadapi tekanan lebih

  • VC akan menghadapi lebih banyak tantangan meningkatkan pendanaan mereka.

  • Pendanaan untuk VC akan kembali pada akhir 2023

Berdasarkan hal-hal di atas, bisa disimpulkan bahwa tahun 2023 akan menjadi tahun yang cukup menantang untuk korporasi dan juga Venture Capital. Namun, titik terang tetap hadir dengan merebaknya startup-startup agritech dan climate tech yang mampu dan siap menjadi partner untuk korporasi dan Venture Capital.


GK-Plug and Play sebagai platform ekosistem inovasi siap mendukung dan memfasilitasi Korporasi-korporasi, Venture Capital, lembaga pemerintahan dan Startup-Startup untuk menghadapi 2023 dengan lebih mudah dan cepat dengan fasilitas dan jaringan global yang kami miliki.


#insights





Recent Posts

portfoliohighlights

GajiGesa : Mensejahterakan Karyawan, Memudahkan Perusahaan

portfoliohighlights

Credilinq : Masa Depan Perbankan Ada di AI

portfoliohighlights

Kegmil : Merevolusi Kerja Lapangan

Load More
Want to receive the latest industry trends, news and events updates?
Yes! Sign me up for your newsletter!
bottom of page