Bisnis & Open Innovation



Bekerja sama dengan startup berpotensi besar memberikan keuntungan untuk korporasi. Keuntungan yang bisa didapatkan tidak hanya dalam bentuk keuangan, tapi juga dalam bentuk insight-insight yang bisa digunakan untuk kepentingan bisnis.


  • Pendekatan Baru Dalam Mengetahui Kebutuhan Pelanggan/Pengguna

Banyak sekali startup-startup yang menemukan inovasi dalam pelayanan dan berkembang dengan sangat cepat dalam waktu yang sama. Seperti Airbnb dan Uber sebagai contohnya. Kedua hal tersebut bisa terwujud berkat kemampuan mereka menemukan kebutuhan pasar dengan sigap. Dengan bekerja sama dengan startup, korporasi besar mampu mengidentifikasi kebutuhan pasar, dan dengannya mampu melakukan inovasi dalam tempo yang relatif cepat.


  • Memberikan Dukungan Dalam bentuk Investasi

Dengan ini, korporasi tidak hanya mendapatkan keuntungan jangka panjang, namun juga memberikan kapital untuk startup mengembangkan bisnis, teknologi dan juga pelayanan mereka. Startup yang diberikan investasi juga mampu bekerja sama dengan korporasi dalam porsi yang lebih besar dari sebelumnya.


  • Menguatkan Komunikasi Eksternal

Sebagai bagian dari aktifitas open innovation, komunikasi yang baik antara satu perusahaan dengan sebuah startup akan membukakan potensi terbukanya pasar-pasar baru, dan juga kredibilitas sosial di dunia korporasi dan startup di masa depan.


Open Innovation dilakukan dengan tujuan mendapatkan pendapatan bisnis. Beberapa target bisnis yang biasa dilakukan :

  • Meningkat penjualan dari bisnis yang sudah ada

  • Menurunkan biaya dari bisnis

  • Menciptakan bisnis-bisnis baru

Setelah menentukan salah satu dari tiga hal tersebut, sebuah korporasi harus mengetahui apa hal-hal inti yang harus dilakukan dan yang tidak harus dilakukan. Dengan begitu, korporasi akan lebih cepat dalam berkolaborasi dengan startup maupun korporasi yang kompeten/sesuai.


GK-Plug and Play Sebagai Platform Open Innovation

GK-Plug and Play mendukung Corporate Innovation dengan mencocokkan perusahaan besar dengan startup-startup perkembangannya pesat. Sebagai rekan perusahaan, GK-Plug and Play akan bekerja sama dalam menghadapi tantangan-tantangan yang perusahaan anda hadapi. Seperti efisiensi operasional, pengurangan biaya operasional, dan formulasi bisnis-bisnis baru.


Untuk bekerja sama dengan GK-Plug and Play, klik di sini


Recent Posts

Gandeng GK-Plug and Play, Program SYNRGY Accelerator Batch 2 Siap Dimulai!

Manfaatkan Teknologi Ekosistem, GK-Plug and Play Adakan Final Pitch Batch 6 secara Virtual

learnfromhome, learnfromhome

#LearnFromHome with Octagon Studio

Load More
Want to receive the latest industry trends, news and events updates?
Yes! Sign me up for your newsletter!