top of page

Dagangan Dukung Ekonomi Digital Bersama Google dan KADIN DIY


Dagangan, salah satu portofolio GK-Plug and Play, mengadakan acara Google Goes to Yogyakarta di Jogja Expo Center, pada 16 Mei 2023. Acara ini adalah pelatihan bisnis yang bertujuan untuk memperluas relasi komunitas startup serta memperkenalkan ekosistem startup Google, termasuk pemodal ventura dan inkubator bagi komunitas startup di Daerah Istimewa Yogyakarta. Acara ini dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan utama, seperti KADIN DIY; Dinas Koperasi, UMKM, dan Perdagangan Kab. Bantul; Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY; dan pemodal ventura.


Dalam acara ini, startup-startup di Daerah Istimewa Yogyakarta berkesempatan mendapatkan edukasi tentang Investasi Berbasis Sustainability untuk Daerah Istimewa Yogyakarta. Mereka juga melakukan konsultasi pengembangan bisnis dan akses pendanaan dengan para pemodal ventura, seperti Google, Monk’s Hill Ventures, Bank BTPN Syariah Ventura, East Ventures, dan MDI Ventures.


Pada kesempatan ini, Ryan Manafe, CEO dan Co-Founder Dagangan, menyampaikan Impact Report 2022 yang berisi prestasi-prestasi Dagangan selama tahun 2022. Tujuannya adalah untuk menunjukkan bahwa Dagangan merupakan salah satu startup yang memberikan kontribusi paling signifikan bagi perkembangan desa di Indonesia. Selain itu, Ryan Manafe juga menggarisbawahi komitmen Dagangan untuk terus berinovasi dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat pedesaan.


Dagangan adalah startup rural ecommerce yang fokus melayani masyarakat di wilayah tier 3-4 dengan menyediakan berbagai kebutuhan rumah tangga, mulai dari kebutuhan primer hingga kebutuhan harian lainnya secara grosir melalui aplikasi. Visi Dagangan adalah memaksimalkan potensi ekonomi masyarakat pedesaan di Indonesia melalui efisiensi rantai pasok dan digitalisasi aktivitas ekonomi.


Dalam momen tersebut, Dagangan juga mengumumkan kerjasama strategis dengan KADIN DIY. Nota kesepahaman kerjasama ditandatangani oleh Gusti Kanjeng Ratu Mangkubumi, Ketua Umum KADIN DIY dan Ryan Manafe, CEO dan Co-Founder Dagangan. Melalui kerjasama ini, Dagangan dan KADIN DIY akan menyediakan akses penerapan digitalisasi UMKM di Daerah Istimewa Yogyakarta serta memberikan edukasi dan pelatihan literasi digital bagi pelaku usaha dan industri di Daerah Istimewa Yogyakarta.


Melalui acara Google Goes to Yogyakarta, startup-startup di Daerah Istimewa Yogyakarta diharapkan dapat mengoptimalkan dukungan dari pemerintah dan perusahaan-perusahaan teknologi. Dengan kolaborasi dan dukungan dari permodalan ventura, pemerintah pusat, dan pemerintah daerah, diharapkan startup dapat mengembangkan strategi bisnis jangka panjang yang lebih efektif untuk mencapai kesuksesan.


Dagangan, salah satu portofolio GK-Plug and Play, adalah startup yang didirikan pada tahun 2019 oleh Ryan Manafe bersama Wilson Yanaprasetya. Visi Dagangan adalah memaksimalkan potensi ekonomi masyarakat pedesaan di Indonesia melalui efisiensi rantai pasok dan digitalisasi aktivitas ekonomi. Dengan gudang mikro tersebar di berbagai pelosok daerah di pulau Jawa, Dagangan meyakini ketersediaan layanannya dapat mengakselerasi pemerataan ekonomi daerah di Indonesia.


Artikel selengkapnya dapat dibaca di sini.



Tentang Dagangan

Dagangan, salah satu portofolio GK-Plug and Play, adalah startup rural commerce yang fokus melayani masyarakat di wilayah tier 3-4 dengan menyediakan berbagai kebutuhan rumah tangga, mulai dari kebutuhan primer hingga kebutuhan harian lainnya secara grosir melalui aplikasi.


Informasi lebih lanjut, kunjungi halaman web dan linkedin Dagangan:

Comments


Recent Posts
Dukung Transformasi Digital, Assemblr Hadir dalam Tech for Business 2023

Dukung Transformasi Digital, Assemblr Hadir dalam Tech for Business 2023

Dukung Transformasi Digital, Assemblr Hadir dalam Tech for Business 2023

6Estates dan FundFluent Bekerjasama untuk Digitalisasi Sistem Pendanaan

6Estates dan FundFluent Bekerjasama untuk Digitalisasi Sistem Pendanaan

6Estates dan FundFluent Bekerjasama untuk Digitalisasi Sistem Pendanaan

BintanGO Raih Investasi Hingga 72 Miliar

BintanGO Raih Investasi Hingga 72 Miliar

BintanGO Raih Investasi Hingga 72 Miliar

bottom of page