top of page

Hal-hal Yang Bisa Dipelajari Dari Innovation Night 2022


Hari kamis, 8 Desember 2022 lalu, GK-Plug and Play mengadakan event akhir tahun bertajuk Innovation Night atau malam inovasi. Event tersebut kami adakan dengan tujuan untuk mempertemukan korporasi, lembaga pemerintahan, venture capital, dan startup untuk berdiskusi dan menemukan rekan inovasi yang cocok menuju 2023. Lebih dari 50 orang dari berbagai lembaga datang untuk bertukar pikiran.


Dalam event tersebut, kami mengadakan dua mata acara utama, yaitu, Business Matchmaking, dan Networking Session. Di Business Matchmaking kami mempertemukan korporasi, lembaga pemerintahan, venture capital dengan startup di ruangan terpisah agar kedua belah pihak bisa berdiskusi dan mempresentasikan bisnis mereka. Dan di Networking Session, peserta-peserta yang datang dipertemukan di ruangan terbuka dengan tujuan untuk saling memperkenalkan diri dan bisnis mereka masing-masing.


Berikut adalah beberapa hal menarik yang kami temukan selama Innovation Night berlangsung.


- Sustainability, Industry 4.0, Fintech, jadi juara di 2023?

Startup-startup dari ketiga industri tersebut menjadi incaran para korporasi, dan venture capital dalam sesi business matchmaking. Startup-startup seperti CarbonEthics, Ravelware, dan Mayar adalah startup-startup dari ketiga industri tersebut yang diperebutkan para peserta. Salah satu faktor penyebabnya adalah semakin tingginya urgensi para korporasi untuk mencapai sertifikasi Sustainability business/corporation, otomasi supply chain produksi dan distribusi, dan semakin luasnya literasi keuangan digital di kalangan pasar.


- 2023, startup sustainability jadi Unicorn?

Sepertinya kemungkinan tersebut tidaklah terlalu muluk berdasarkan apa yang kami lihat di Innovation Night lalu. Salah satu alasan kami adalah bagaimana salah satu Venture Capital besar menemui CarbonEthics sebagai salah satu contohnya.


- Fintech (masih) kuat di 2023

Digitalisasi keuangan dengan segala penyedia infrastrukturnya akan selalu dibutuhkan. Mengingat semakin banyaknya bisnis-bisnis yang menggunakan layanan keuangan digital sebagai metode pembayaran, maka tidak heran jika di Innovation Night kemarin, dua Venture Capital besar menemui Mayar, sebuah startup pembayaran online dari Bandung.


Tiga hal tersebut adalah beberapa hal menarik yang kami temukan di Innovation Night, event tutup tahun GK-Plug and Play. Sebagai ekosistem inovasi, GK-Plug and Play akan selalu membuka pintu untuk korporasi-korporasi, venture capital dan startup untuk bergabung dan ikut serta dalam membangun inovasi industri di Indonesia.


Dan untuk hasil dari pertemuan-pertemuan tersebut?

Kita tunggu bersama di tahun 2023.


GK-Plug and Play dengan ini mengucapkan,

Selamat Merayakan Hari Raya Natal & Tahun Baru 2023, sampai jumpa di 2023


Recent Posts

portfoliohighlights

GajiGesa : Mensejahterakan Karyawan, Memudahkan Perusahaan

portfoliohighlights

Credilinq : Masa Depan Perbankan Ada di AI

portfoliohighlights

Kegmil : Merevolusi Kerja Lapangan

Load More
Want to receive the latest industry trends, news and events updates?
Yes! Sign me up for your newsletter!
bottom of page