top of page

Hal-Hal Yang Bisa Dipelajari Dari Innovation Night


Pada tanggal 14 Juni 2023, kami dari GK-Plug and Play mengadakan kembali Innovation Night atau malam inovasi. Event tersebut kami adakan dengan tujuan untuk mempermudah inovasi korporasi-korporasi, venture capital, dan lembaga pemerintahan dengan bekerja sama dengan startup-startup melalui metode Open Innovation. Sekitar lebih dari 50 orang datang untuk berkolaborasi.


Dalam event tersebut, kami mengadakan dua mata acara utama, yaitu, Business Matchmaking, dan Networking Session. Di Business Matchmaking kami mempertemukan korporasi, lembaga pemerintahan, venture capital dengan startup di ruangan terpisah agar kedua belah pihak bisa berdiskusi dan mempresentasikan bisnis mereka. Dan di Networking Session, peserta-peserta yang datang dipertemukan di ruangan terbuka dengan tujuan untuk saling memperkenalkan diri dan bisnis mereka masing-masing.


Berikut adalah beberapa hal menarik yang kami temukan selama Innovation Night.


  • Startup-startup yang hadir di Innovation Night


Startup-startup yang hadir pada Innovation Night lalu terdiri dari beberapa industri, yaitu: Greenhope, Rekosistem, Automa, (Sustainability) Voctiv (AI) Paper (Fintech), dan Xignature serta Algobash (Industry 4.0). Mereka hadir dengan solusi-solusi inovatif yang dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan dalam mengembangkan bisnis dan melanjutkan inovasi yang di bidang-bidang tersebut.


  • Sustainability dari hulu hingga hilir

Transisi industri-industri besar menuju industri hijau atau terbarukan semakin dibuktikan dengan kehadiran Greenhope, Rekosistem dan Automa. Greenhope hadir untuk membantu perusahaan-perusahaan yang membutuhkan kemasan seperti FMCG, dengan menyediakan kemasan ramah lingkungan. Sementara Rekosistem menyediakan pengolahan limbah baik untuk perusahaan atau per-orangan. Dan Automa menyediakan solusi supply chain terbarukan untuk kebutuhan industri. Secara keseluruhan startup-startup yang hadir mampu mengakomodasi kebutuhan inovasi korporasi dalam bidang sustainability dari hulu hingga hilir.


  • Langkah selanjutnya dalam Industry 4.0

Salah satu hal lain yang menarik dari Innovation Night lalu adalah kemunculan Algobash dan Xignature. Algobash adalah startup yang berfokus dalam platform asesmen untuk tenaga kerja IT. Algobash hadir untuk memberikan solusi untuk perusahaan-perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja IT, dengan menyediakan pre-assesment test lengkap dengan studi-studi kasus untuk calon-calon karyawannya. Xignature adalah startup yang menyediakan platform identitas digital untuk perusahaan-perusahaan dan lembaga profesional lainnya, untuk memudahkan pengesahan dokumen dan kebutuhan administratif lainnya. Kehadiran kedua startup ini menarik banyak perhatian dari tamu-tamu korporasi yang hadir. Karena dinilai mampu memberikan solusi yang mampu menginovasi operasional mereka sebagai perusahaan.


  • Pelanggan makin nyaman dengan AI Chatbot

Voctiv, startup yang menyediakan solusi untuk perusahaan-perusahaan dan lembaga-lembaga berinteraksi dengan pengguna/pengunjung website dengan AI. Dengan chatbot yang voctiv sediakan, mereka mampu berinteraksi sekaligus mengetahui insight-insight menarik dari pengguna mereka, bahkan mampu meningkatkan jumlah pengguna. AI atau Artificial Intelligence sedang marak-maraknya di dunia profesional, dan akan sangat menarik melihat perkembangannya di tahun-tahun mendatang. Maka, jika sebuah perusahaan, bisnis atau lembaga mulai menggunakan AI, adalah langkah yang tepat menuju masa depan.


  • Semakin tinggi teknologi finansial = semakin mudah digunakan

Paper.id hadir dengan menyediakan solusi hulu ke hilir di sisi keuangan. Mulai dari invoicing, pembayaran hingga pembiayaan. Dengan platform yang mereka miliki, partner-partner mereka mampu memantau seluruh keuangan mereka dalam satu platform. Solusi yang ditawarkan oleh Paper bisa dibilang memiliki kesinambungan dengan sustainability, dimana dengan platform mereka, penggunaan kertas invoice akan sangat berkurang dan mengurangi limbah.


Lima hal tersebut adalah beberapa hal menarik yang kami temukan di Innovation Night tahun ini. Sebagai ekosistem inovasi, GK-Plug and Play akan selalu membuka pintu untuk korporasi-korporasi, venture capital dan startup untuk bergabung dan ikut serta dalam membangun inovasi industri di Indonesia. Selain itu kami juga aktif dalam memberikan insight-insight menarik tentang perkembangan industri baik dari dalam negeri maupun dari rekan-rekan kami di Silicon Valley.


Mari ikut serta memeriahkan ekosistem inovasi di Indonesia!

Bergabung dengan ekosistem kami di sini.


Recent Posts
Dukung Transformasi Digital, Assemblr Hadir dalam Tech for Business 2023

Dukung Transformasi Digital, Assemblr Hadir dalam Tech for Business 2023

Dukung Transformasi Digital, Assemblr Hadir dalam Tech for Business 2023

6Estates dan FundFluent Bekerjasama untuk Digitalisasi Sistem Pendanaan

6Estates dan FundFluent Bekerjasama untuk Digitalisasi Sistem Pendanaan

6Estates dan FundFluent Bekerjasama untuk Digitalisasi Sistem Pendanaan

BintanGO Raih Investasi Hingga 72 Miliar

BintanGO Raih Investasi Hingga 72 Miliar

BintanGO Raih Investasi Hingga 72 Miliar

bottom of page