top of page

Interview Bersama Dr Uzair Javaid, Co-Founder & CEO BetterData


Uzair Javaid adalah Co-Founder & CEO Betterdata yang berhasil meraih gelar PhD dalam bidang Teknik Privasi. Salah satu projek yang pernah ia tangani adalah pemecahan enkripsi, sebuah teknik untuk mengubah data menjadi bentuk yang tidak dapat dibaca, pada jaringan blockchain ethereum. Melalui projek ini, Uzair menyadari bahwa sistem enkripsi memiliki banyak kelemahan. Ia memulai penelitian tentang privasi data dengan memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence (AI). Akhirnya, pada tahun 2021, ia bersama dengan Kevin Yee mendirikan Betterdata.

Betterdata, salah satu portofolio GK-Plug and Play, adalah startup yang berfokus dalam penyedia layanan dan sistem untuk synthetic data, sebuah teknik untuk membuat data tiruan yang dapat merepresentasikan data asli. Karena sifatnya yang buatan dan tidak melibatkan data asli, synthetic data telah memenuhi peraturan perlindungan data 100% di seluruh dunia.


Mengapa atau apa yang membuat kamu memutuskan untuk masuk ke sektor cyber security / analisis data?

“Saat ini, kami melihat banyak perusahaan berusaha untuk bertransformasi menjadi perusahaan teknologi. Data menjadi kunci utama dalam upaya ini. Namun, semakin ketatnya regulasi tentang data dan AI membuat perusahaan kesulitan dalam mengoptimalkan penggunaan data mereka dan menciptakan sumber pendapatan yang baru. Teknologi yang kami tawarkan telah dirancang untuk mengatasi tantangan ini karena perusahaan dapat memanfaatkan data mereka tanpa perlu khawatir tentang perubahan regulasi tentang data dan AI.”

Bagaimana kamu menjalankan aktivitas di pagi hari?

"Saya bangun sekitar jam 6 pagi. Sebelum bekerja, saya akan keluar untuk bermain bulu tangkis, sarapan, dan mandi. Setelah itu, waktu dari jam delapan pagi hingga dua belas siang saya gunakan untuk menjawab email dan mengikuti rapat, baik secara online maupun offline."


Apa tantangan dalam pekerjaanmu?

"Karena Betterdata berfokus pada layanan synthetic data, siklus penjualan bisa cukup lama, antara tiga sampai sembilan bulan. Hal ini terjadi karena kami harus melakukan uji coba dengan pelanggan terlebih dahulu untuk menunjukkan nilai synthetic data yang kami hasilkan dan seberapa representatif data tersebut dengan data asli mereka.


Selain itu, karena kami menerapkan cara kerja remote, manajemen tim kami bisa menjadi sulit karena perbedaan waktu. Untuk mengatasi hal ini, kami melakukan upaya maksimal untuk membuat komunikasi kami menjadi lebih intens.”

Bagaimana caramu tetap update dengan perkembangan teknologi dan tren baru dalam industri ini?

“Perkembangan synthetic data berawal dari penelitian di lingkungan akademis sebelum akhirnya digunakan dalam skala komersial. Kami terus mengikuti perkembangan dalam literatur akademis dan juga memiliki sebuah kelompok akademis internal yang fokus mengembangkan model AI yang belum pernah ada."


Apa contoh inovasi teknologi atau terobosan yang kamu anggap sangat menarik atau berdampak?

"Inovasi teknologi yang paling menarik ialah semakin kompleksnya sektor synthetic data, seperti yang ditunjukkan oleh ChatGPT pada tahun 2023."


Apa tantangan atau hambatan dalam mengadopsi dan mengimplementasikan teknologi baru?

“Tantangan utama dalam adopsi teknologi baru adalah perubahan cepat dalam lanskap teknologi dan kurangnya pemahaman tentang implementasinya. Selain itu, menghitung Return of Investment (ROI) dari teknologi baru kadang-kadang sulit karena melibatkan banyak asumsi.”


Apakah ada area khusus di industri teknologi yang menurutmu memiliki pertumbuhan potensial yang signifikan, dan mengapa?

“Kami melihat potensi pertumbuhan yang signifikan dalam teknologi privasi. Ini karena regulasi mengenai privasi yang semakin ketat, seiring dengan kesadaran masyarakat akan pentingnya privasi yang semakin tinggi. Saat ini, perusahaan harus mematuhi regulasi tersebut untuk menjaga privasi pengguna sambil tetap menjalankan operasi bisnis mereka dan menghasilkan pendapatan."

Bagaimana kamu mengembangkan budaya inovasi di perusahaan dan praktik apa yang kamu gunakan untuk mendorong kemajuan teknologi?

"Saya sering melakukan kesalahan, tetapi saya tidak suka mengulanginya karena saya percaya bahwa kesalahan adalah pelajaran yang akan terus muncul sampai kita memahaminya. Kami menciptakan budaya inovasi dengan mendorong karyawan untuk menjelajahi ide-ide baru tanpa takut melakukan kesalahan. Dengan begitu, kami dapat terus belajar hal-hal baru dan meningkatkan kemandirian kami."


Menurutmu, bagaimana peran teknologi dalam meningkatkan keberlanjutan dan menciptakan perubahan positif?

"Teknologi ada untuk membantu manusia. Selama teknologi dapat membantu kita menjadi lebih produktif, maka teknologi dapat mendorong keberlanjutan dan pada akhirnya membawa perubahan positif."

Apa beberapa pelajaran hidup kamu dapat sepanjang karirmu?

"Bermainlah seolah-olah kamu belum pernah kalah dan berlatihlah seolah-olah kamu belum pernah menang."


Jika saya tidak berada di perusahaan / posisi saat ini, saya akan menjadi _________?

"Insinyur dan peneliti privasi."

Apa saran untuk individu yang ingin menjalani karir di industri cyber security / analisis data?

"Mulailah dengan industri yang kamu minati, bukan mengikuti tren. Kemudian, fokus pada masalah yang sering muncul dalam industri tersebut dengan membaca artikel, blog, atau berinteraksi dengan orang-orang yang berpengalaman di bidang tersebut. Setelah memiliki pemahaman mendalam tentang situasi industri, fokuslah pada solusi untuk masalah-masalah yang belum terpecahkan dan sesuaikan tujuanmu dengan temuan-temuan tersebut. Apakah tujuannya untuk mendapatkan pekerjaan atau memulai usaha sendiri."


Artikel selengkapnya dapat dibaca di sini.



Tentang Betterdata

Betterdata adalah startup IoT yang berbasis di Singapura dan didirikan pada 2017 oleh Uzair Javad dan Kevin Yee. Layanannya berfokus pada pengembangan dan pengelolaan data.


Informasi lebih lanjut, kunjungi halaman web dan linkedin Betterdata:


Comments


Recent Posts
Dukung Transformasi Digital, Assemblr Hadir dalam Tech for Business 2023

Dukung Transformasi Digital, Assemblr Hadir dalam Tech for Business 2023

Dukung Transformasi Digital, Assemblr Hadir dalam Tech for Business 2023

6Estates dan FundFluent Bekerjasama untuk Digitalisasi Sistem Pendanaan

6Estates dan FundFluent Bekerjasama untuk Digitalisasi Sistem Pendanaan

6Estates dan FundFluent Bekerjasama untuk Digitalisasi Sistem Pendanaan

BintanGO Raih Investasi Hingga 72 Miliar

BintanGO Raih Investasi Hingga 72 Miliar

BintanGO Raih Investasi Hingga 72 Miliar

bottom of page