top of page

Mayani: Kiat Praktis Nikmati Bahan Makanan Segar


Dewasa ini, kesadaran mengenai pentingnya mengkonsumsi makanan yang sehat belum tersebar merata di masyarakat. Banyak dari mereka masih memiliki kecenderungan untuk mengkonsumsi makanan olahan dibandingkan dengan makanan segar. Perilaku ini telah menjadi bagian dari gaya hidup yang perlu mendapatkan perhatian lebih. Dalam menghadapi situasi ini, diperlukan juga langkah-langkah yang bertujuan untuk memastikan ketersediaan bahan makanan segar yang berkualitas tinggi.


Bahan makanan segar menawarkan keunggulan tambahan. Kandungan nutrisi yang lebih tinggi di dalamnya memberikan asupan yang penting bagi kesehatan dan memperkaya keseimbangan gizi. Buah-buahan, sayuran, dan bahan makanan segar lainnya juga kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan. Selain itu, tidak hanya dari segi kesehatan, bahan makanan yang segar juga menyajikan rasa yang jauh lebih enak jika dibandingkan dengan produk yang telah lama disimpan atau diolah.


Beberapa langkah dalam menghasilkan bahan makanan segar biasanya didapat dari proses pertanian, seperti:


  • Pemilihan varietas yang tepat

Memilih varietas tanaman yang tahan terhadap penyakit, serangga, dan kondisi lingkungan tertentu dapat membantu memastikan hasil pertanian yang sehat dan segar.


  • Pengelolaan tanaman yang baik

Praktik-praktik agronomi yang tepat, seperti penyiraman yang cukup, pengendalian hama dan penyakit, serta pemupukan yang tepat dapat mempengaruhi kualitas dan kesegaran hasil pertanian.


  • Panen di waktu yang tepat

Panen dilakukan pada saat tanaman telah mencapai tingkat kematangan yang tepat. Ini memastikan bahwa produk pertanian memiliki kualitas optimal dan tingkat nutrisi yang tinggi.


  • Penanganan pasca-panen yang baik

Setelah panen, hasil pertanian perlu ditangani dengan hati-hati. Pengemasan yang tepat, suhu penyimpanan yang optimal, dan pengangkutan yang cepat dapat mempertahankan kualitas dan kesegaran produk pertanian.


Salah satu portofolio GK-Plug and Play, Mayani, berfokus pada layanan untuk menyediakan bahan makanan segar. Mayani adalah startup agro-perikanan dari Filipina yang didirikan pada tahun 2019 oleh Jeff Barreiro, JT Solis, Ochie San Juan, Ron Dime, Lance Villanueva, Josef Amarra, dan Andrei Dela Cruz. Mayani didirikan dengan tujuan memberikan pemberdayaan kepada petani-petani dan nelayan-nelayan kecil di Filipina, sehingga mereka dapat meningkatkan kualitas hidupnya.


Mayani memungkinkan ketersediaan bahan makanan segar, mulai dari sayur-sayuran, buah-buahan, hingga ikan segar, yang didapat langsung dari petani dan nelayan di Filipina. Dengan upaya distribusi yang sukses, mereka berhasil menyediakan produk-produk ini kepada lebih dari 20.000 pelanggan dan 230 toko komersial, sehingga membantu memudahkan masyarakat dalam mengakses bahan makanan segar.


Mayani berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan di desa dan memperluas akses masyarakat terhadap produk segar yang terjangkau. Dengan melakukan kerjasama bersama berbagai mitra, Mayani aktif mendorong perkembangan sektor agro-perikanan di Filipina, sehingga memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan petani dan nelayan.


GK-Plug and Play mendukung startup-startup inovatif dalam menyelesaikan problem-problem yang dihadapi oleh bisnis-bisnis, salah satunya dalam hal manajemen bahan makanan. Mayani adalah salah satu dari sekian banyak startup dari portofolio Plug and Play yang berfokus di bidang tersebut.



Tentang Mayani

Mayani adalah startup agro-perikanan dari Filipina yang didirikan oleh Jeff Barreiro, JT Solis, dan Ochie San Juan pada tahun 2019. Startup ini memungkinkan ketersediaan bahan makanan segar, mulai dari sayur-sayuran, buah-buahan, hingga ikan segar, yang didapat langsung dari petani dan nelayan di Filipina.


Informasi lebih lanjut, kunjungi halaman web dan linkedin Mayani:

Recent Posts
Dukung Transformasi Digital, Assemblr Hadir dalam Tech for Business 2023

Dukung Transformasi Digital, Assemblr Hadir dalam Tech for Business 2023

Dukung Transformasi Digital, Assemblr Hadir dalam Tech for Business 2023

6Estates dan FundFluent Bekerjasama untuk Digitalisasi Sistem Pendanaan

6Estates dan FundFluent Bekerjasama untuk Digitalisasi Sistem Pendanaan

6Estates dan FundFluent Bekerjasama untuk Digitalisasi Sistem Pendanaan

BintanGO Raih Investasi Hingga 72 Miliar

BintanGO Raih Investasi Hingga 72 Miliar

BintanGO Raih Investasi Hingga 72 Miliar

bottom of page