Open Innovation Untuk Korporasi - Sebuah Panduan



Dalam melakukan Corporate Innovation, salah satu pendekatan yang umum dilakukan adalah dengan Open Innovation. Open Innovation dilakukan dengan menggunakan sumber daya eksternal dalam menginovasi perusahaan. Salah satunya dengan menggunakan platform inovasi terbuka seperti Plug and Play.


Perusahaan di Era VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity & Ambiguity)

Merujuk pada artikel dari hashmicro, Pengertian VUCA adalah singkatan dari volatility, uncertainty, complexity, dan ambiguity. Jika diartikan secara harfiah, VUCA adalah volatilitas, ketidakpastian, kompleksitas, dan ambiguitas. Berikut adalah penjelasan mengenai masing-masing unsur VUCA:

1. Volatility (Volatilitas)

Dalam konteks bisnis, volatilitas menggambarkan perubahan yang sering terjadi, berlangsung dengan cepat, dan memberikan dampak yang signifikan. Sifatnya tidak bisa diprediksi, tetapi informasi mengenai perubahan tersebut tersedia dan situasinya mudah dimengerti.

2. Uncertainty (Ketidakpastian)

Perubahan mungkin terjadi, tetapi tidak mutlak, atau bahkan tidak ada sama sekali. Walaupun begitu, biasanya penyebab dan dampaknya sudah diketahui.

3. Complexity (Kompleksitas)

Beberapa informasi tersedia dan bisa diprediksi, tetapi volumenya besar dan sulit diproses sehingga dapat menyebabkan seseorang kewalahan. Jenisnya bervariasi dan sifatnya berbelit-belit, tetapi tidak selalu menyebabkan perubahan.

4. Ambiguity (Ambiguitas)

Ambiguitas adalah situasi tanpa hubungan sebab-akibat yang jelas. Sifatnya baru dan belum pernah terjadi sebelumnya sehingga tidak dapat diprediksi. Penyebab dan dampaknya juga tidak diketahui.

Open Innovation di Era VUCA

Di era VUCA dimana kestabilan sebuah bisnis adalah sesuatu yang sulit untuk dicapai, perusahaan-perusahaan atau korporasi membutuhkan partner untuk membantu mereka menghadapi pasar yang tidak lagi pasti. Tentu bekerja sama dengan perusahaan lain yang secara ukuran dan sama akan memudahkan dalam konteks kerja sama, namun tidak menjamin menjadi solusi jangka panjang.


Startup, menawarkan nilai-nilai lain yang dibutuhkan perusahaan-perusahaan yang butuh inovasi, seperti : pemahaman, pengetahuan dan keahlian yang lebih spesifik terhadap model bisnis dan pasar. Budaya dan brand image yang lebih mudah diterima pasar modern saat ini.


Langkah Awal


  • Modal Kerja dan Sumber Daya Manusia

Harus diingat sebelum memulai inovasi, segala fasilitas yang akan didapatkan dalam kerja sama dengan startup maupun perusahaan lain adalah alat bantu, bukan tujuan. Pun, hal yang sama harus ditentukan dalam hal durasi kerja sama, strategi bisnis, teknologi yang dibutuhkan, dan dengan siapa perusahaan anda harus bekerja sama.


  • Apakah Open Innovation adalah metode yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan anda?

Pendekatan ini bukan sesuatu yang bisa dilakukan hanya oleh satu pihak. Membutuhkan banyak pihak yang bekerja sama menuju satu tujuan, yaitu menginovasi perusahaan. Juga harus diingat, bahwa open innovation bukanlah solusi jangka pendek yang berpengaruh dalam beberapa tahun. Namun, solusi jangka panjang yang membutuhkan pemahaman dan kerja sama dari seluruh pihak yang terlibat.


  • Tingkatkan komunikasi dengan perusahaan lain

Dengan melihat perusahaan anda secara objektif, anda akan mampu melihat tantangan-tantangan yang sedang, dan akan anda hadapi. Dengan begitu, anda akan mampu menghadapinya dengan lebih mudah.


  • Gunakan rumus 5W 1H

Kenapa anda melakukannya. (Why)

Apa yang anda lakukan. (What)

Dengan siapa anda melakukannya. (Who)

Kapan anda melakukannya. (When)

Dimana anda melakukannya. (Where)

Bagaimana anda melakukannya. (How)


GK-Plug and Play Sebagai Platform Open Innovation

GK-Plug and Play mendukung Corporate Innovation dengan mencocokkan perusahaan besar dengan startup-startup perkembangannya pesat. Sebagai rekan perusahaan, GK-Plug and Play akan bekerja sama dalam menghadapi tantangan-tantangan yang perusahaan anda hadapi. Seperti efisiensi operasional, pengurangan biaya operasional, dan formulasi bisnis-bisnis baru.


Untuk bekerja sama dengan GK-Plug and Play, klik di sini


Recent Posts

Gandeng GK-Plug and Play, Program SYNRGY Accelerator Batch 2 Siap Dimulai!

Manfaatkan Teknologi Ekosistem, GK-Plug and Play Adakan Final Pitch Batch 6 secara Virtual

learnfromhome, learnfromhome

#LearnFromHome with Octagon Studio

Load More
Want to receive the latest industry trends, news and events updates?
Yes! Sign me up for your newsletter!