top of page

Pengumpulan Data Karbon: Mengukur Jejak Karbon Perusahaan



Di era yang semakin sadar akan isu perubahan iklim, pengumpulan data karbon menjadi suatu hal yang penting bagi perusahaan. Mengetahui jejak karbon yang dihasilkan oleh operasional perusahaan menjadi langkah awal yang diperlukan dalam upaya mengurangi dampak lingkungan dan mencapai keberlanjutan. Sehingga perusahaan-perusahaan besar butuh mengumpulkan data karbon. Mulai dari proses pengumpulannya, teknologi yang digunakan, serta analisa dan tujuan dari pengumpulan data tersebut.


Mengapa Pengumpulan Data Karbon Penting bagi Perusahaan?


Pengumpulan data karbon memiliki peranan penting bagi perusahaan karena memberikan informasi yang akurat tentang jejak karbon yang dihasilkan oleh operasional perusahaan. Dengan mengetahui jumlah emisi yang dihasilkan, perusahaan dapat mengevaluasi dampak lingkungan yang ditimbulkan oleh kegiatan bisnisnya. Informasi ini dapat digunakan untuk mengidentifikasi area-area di mana perusahaan dapat mengurangi emisi, mengadopsi praktik berkelanjutan, dan meningkatkan efisiensi energi. Dengan demikian, pengumpulan data karbon memberikan dasar yang kuat bagi perusahaan untuk mengambil langkah-langkah yang lebih berkelanjutan dalam operasionalnya. (Sumber: pathzero.com)


Pengumpulan Data Karbon

  • Proses Pengumpulan Data Karbon

Proses pengumpulan data karbon melibatkan identifikasi dan pengukuran emisi yang dihasilkan oleh perusahaan. Langkah pertama dalam pengumpulan data karbon adalah menentukan sumber-sumber emisi, seperti konsumsi energi, transportasi, dan limbah. Setelah itu, perusahaan dapat menggunakan metode dan alat yang tersedia untuk mengukur jumlah emisi yang dihasilkan oleh setiap sumber. Beberapa metode pengukuran yang umum digunakan termasuk analisis siklus hidup, pengukuran langsung menggunakan peralatan pengukuran, atau menggunakan data yang tersedia dari pemasok atau lembaga eksternal. Dengan memperoleh data yang akurat tentang emisi, perusahaan dapat melihat gambaran yang jelas tentang jejak karbonnya. (Sumber: sustainable.org.nz)

  • Teknologi yang Digunakan dalam Pengumpulan Data Karbon

Teknologi memiliki peran penting dalam proses pengumpulan data karbon. Ada berbagai teknologi digital yang dapat digunakan untuk memfasilitasi pengumpulan data secara efisien. Misalnya, perusahaan dapat menggunakan perangkat lunak manajemen energi untuk mengumpulkan dan menganalisis data konsumsi energi. Selain itu, penggunaan sensor cerdas, Internet of Things (IoT), dan sistem monitoring otomatis dapat membantu dalam pengumpulan data secara real-time dan akurat. Dengan adanya teknologi ini, perusahaan dapat memperoleh data karbon yang lebih terperinci dan lebih mudah untuk dianalisis. (Sumber: techinformed.com)


Analisis Data Karbon

  • Tujuan dan Keuntungan dari Analisis Karbon

Analisis data karbon bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang jejak karbon perusahaan dan dampaknya terhadap lingkungan. Dengan menganalisis data karbon, perusahaan dapat mengidentifikasi area-area di mana mereka dapat mengurangi emisi, meningkatkan efisiensi energi, dan mengadopsi praktik berkelanjutan. Selain itu, analisis data karbon juga dapat membantu perusahaan untuk memantau progres mereka dalam mencapai target pengurangan emisi dan membandingkan kinerja mereka dengan perusahaan sejenis. Dengan demikian, analisis data karbon memberikan pemahaman yang lebih baik tentang dampak lingkungan dari operasional perusahaan dan mendorong perubahan menuju praktek bisnis yang lebih berkelanjutan. (Sumber: compareyourfootprint.com)

  • Proses Analisis Data Karbon

Proses analisis data karbon melibatkan perhitungan emisi berdasarkan data yang dikumpulkan. Metode yang umum digunakan dalam analisis data karbon termasuk penggunaan faktor emisi yang telah ditentukan dan dikembangkan oleh lembaga-lembaga seperti GHG Protocol. Dalam proses ini, data karbon yang telah dikumpulkan dianalisis untuk menghitung jumlah emisi yang dihasilkan. Hasil analisis ini dapat digunakan untuk melacak progres perusahaan dalam mengurangi emisi dan mengevaluasi dampak dari kebijakan atau langkah-langkah pengurangan yang diadopsi. (Sumber: cloud.google.com)


Penggunaan Data Karbon untuk Mengevaluasi Kinerja Perusahaan


Data karbon yang telah dikumpulkan dan dianalisis dapat digunakan untuk mengevaluasi kinerja perusahaan dalam hal keberlanjutan dan pengurangan emisi. Dengan memahami jumlah emisi yang dihasilkan oleh perusahaan, perusahaan dapat mengukur dampak lingkungan dari operasional mereka. Data karbon juga dapat digunakan untuk membandingkan kinerja perusahaan dengan standar atau regulasi yang ditetapkan, seperti Protokol GHG. Dengan memantau kinerja perusahaan secara teratur, perusahaan dapat mengidentifikasi peluang pengurangan emisi lebih lanjut, mengadopsi praktik terbaik, dan mencapai tujuan keberlanjutan mereka. (Sumber: climate.selectra.com.)


Teknologi untuk Analisis Data Karbon


Untuk melakukan analisis data karbon, perusahaan dapat memanfaatkan berbagai teknologi yang tersedia. Misalnya, perusahaan dapat menggunakan perangkat lunak analisis data yang dirancang khusus untuk menganalisis dan melaporkan data karbon. Selain itu, teknologi seperti platform berbasis cloud dan aplikasi mobile dapat memudahkan akses dan pengolahan data karbon dengan cepat dan efisien. Dengan adanya teknologi ini, perusahaan dapat melakukan analisis data karbon dengan lebih baik dan mendapatkan wawasan yang lebih mendalam tentang dampak lingkungan dari operasional mereka. (Sumber: marmelab.com)


Kolaborasi Korporasi & Startup: Studi Kasus Plug and Play


Seperti yang sudah diceritakan di insight sebelumnya, Plug and Play sebagai ekosistem inovasi global, berkesempatan untuk bekerja sama dengan BASF, Motherson, Porsche dan CircularTree untuk melacak CO2 secara digital. BASF & Motherson sebagai penyedia bahan mentah untuk Porsche membuat mobil-mobil mereka. Porsche berkomitmen untuk memproduksi mobil dengan jejak karbon sekecil mungkin. Dan langkah pertamanya adalah dengan mengetahui jejak karbon rantai pasok mereka. BASF, Motherson & Porsche dipertemukan dengan CircularTree, sebuah startup yang membantu mereka mampu melacak jejak karbon secara digital. Baca studi kasus lengkapnya di sini.


Kesimpulan


Sebagai bagian dari ekosistem inovasi global, GK-Plug and Play hadir untuk mempermudah perusahaan-perusahaan untuk mengumpulkan serta menganalisa data emisi karbon yang mereka hasilkan. Seperti yang dilakukan oleh BASF, Motherson, dan Porsche. Dengan portofolio-portofolio kami yang berfokus di bidang sustainability seperti Transitry, ION Mobility dan beberapa lainnya, GK-Plug and Play mampu menyediakan solusi inovatif yang mampu memudahkan dan menguntungkan perusahaan-perusahaan dalam mencapai target pengurangan emisinya dan lebih ramah lingkungan.


Mari ikut serta membangun Indonesia menuju Net-Zero 2030.


Comentários


Recent Posts
Dukung Transformasi Digital, Assemblr Hadir dalam Tech for Business 2023

Dukung Transformasi Digital, Assemblr Hadir dalam Tech for Business 2023

Dukung Transformasi Digital, Assemblr Hadir dalam Tech for Business 2023

6Estates dan FundFluent Bekerjasama untuk Digitalisasi Sistem Pendanaan

6Estates dan FundFluent Bekerjasama untuk Digitalisasi Sistem Pendanaan

6Estates dan FundFluent Bekerjasama untuk Digitalisasi Sistem Pendanaan

BintanGO Raih Investasi Hingga 72 Miliar

BintanGO Raih Investasi Hingga 72 Miliar

BintanGO Raih Investasi Hingga 72 Miliar

bottom of page