top of page

TeOra: Revolusi Industri Akuakultur dengan Mikroba


Mikroba adalah organisme mikroskopis yang ada di berbagai lingkungan, termasuk di dalam tubuh manusia, hewan, dan lingkungan alam. Mereka mencakup berbagai kelompok organisme, seperti bakteri dan fungi (jamur). Mikroba saat ini telah beradaptasi dengan berbagai ekosistem. Mereka dapat menjadi solusi atas penggunaan bahan kimia berbahaya, ketahanan tanaman, dan pengelolaan limbah, sehingga memungkinkan terciptanya keseimbangan ekosistem. Dengan memanfaatkan keragaman mikroba dan kemampuan mereka bagi ekosistem, kita dapat menciptakan solusi yang lebih ramah lingkungan, berkelanjutan, dan efisien.


Mikroba memiliki peran yang penting dalam berbagai perusahaan, seperti:


  • Produksi Bahan Kimia

Beberapa mikroba dapat menghasilkan senyawa kimia yang bernilai, seperti enzim, asam organik, pelarut, dan senyawa aroma. Mikroba ini digunakan dalam perusahaan F&B, farmasi, dan kosmetik untuk produksi bahan kimia yang penting.


  • Fermentasi

Mikroba dapat digunakan dalam proses fermentasi untuk mengubah bahan mentah menjadi produk yang diinginkan. Contohnya, dalam perusahaan F&B, mikroba seperti ragi digunakan untuk menghasilkan roti, bir, anggur, dan yoghurt.


  • Pengendalian Hama dan Penyakit

Beberapa mikroba memiliki sifat antagonis terhadap hama dan penyakit tanaman. Mikroba ini digunakan dalam pertanian untuk melindungi tanaman dari serangan hama dan penyakit tanpa menggunakan pestisida kimia.


  • Bioremediasi

Beberapa mikroba memiliki kemampuan untuk mendegradasi polutan dan menghilangkan zat-zat berbahaya dari lingkungan. Mikroba ini digunakan dalam proses bioremediasi untuk membersihkan tumpahan minyak, polusi tanah, dan pencemaran air.


Salah satu portofolio GK-Plug and Play, TeOra, berfokus pada penyedia layanan yang memasukkan peran mikroba. TeOra didirikan oleh Dr. Rishita Changede, CEO dan Founder TeOra, pada 2020. Startup ini menawarkan berbagai produk dan layanan yang bertujuan untuk merevolusi bidang akuakultur melalui produk-produk yang mengandung mikroba.


TeOra bermula dari keprihatinan terhadap dampak bahan kimia yang dihasilkan oleh kegiatan operasional di suatu perusahaan terhadap bumi. Oleh karena itu, TeOra memiliki tujuan untuk menggantikan bahan kimia tersebut dengan alternatif yang lebih berkelanjutan dengan bantuan mikroba. Dengan memanfaatkan teknologi AI dan mikrofluida, TeOra menyajikan pemrograman ulang genetik yang 100 kali lebih cepat dan ekonomis untuk merancang mikroba yang cerdas.


Layanan dari TeOra meliputi:


  • Pengendalian Hama

TeOra menawarkan produk biologis yang dapat mengendalikan hama untuk hasil akuakultur. Produk-produk ini terbuat dari mikroba, seperti protein dan DNA, yang mampu membuat tanaman tumbuh lebih sehat, udang dan ikan lebih aman, dan produksi makanan menjadi lebih maksimal.


  • Pengembangan Produk Bersama

TeOra menawarkan kerjasama dengan perusahaan-perusahaan yang memiliki visi sejalan untuk mengembangkan produk inovatif yang sesuai dengan kebutuhan mereka.


  • Lisensi Produk

TeOra menawarkan kesempatan bagi perusahaan-perusahaan untuk melisensikan dan mendistribusikan produk-produk dari TeOra ke berbagai wilayah geografis. Dengan begitu, perusahaan-perusahaan ini dapat mengakses berbagai produk inovatif yang siap memasuki pasar.


TeOra berkomitmen untuk mendukung perusahaan-perusahaan dalam melakukan operasional secara bertanggung jawab guna menciptakan masa depan yang berkelanjutan. Nilai-nilai utama yang dianut oleh TeOra adalah inovasi, kolaborasi, integritas, dan keberlanjutan. Mereka meyakini bahwa kemajuan dapat dicapai melalui kerjasama dengan mitra yang memiliki visi serupa.



Tentang TeOra

TeOra didirikan oleh Dr. Rishita Changede, CEO dan Founder TeOra, pada tahun 2020. Startup ini menawarkan berbagai produk dan layanan yang bertujuan untuk merevolusi bidang akuakultur melalui produk-produk yang mengandung mikroba.


Informasi lebih lanjut, kunjungi halaman web dan linkedin TeOra:

Comments


Recent Posts
Dukung Transformasi Digital, Assemblr Hadir dalam Tech for Business 2023

Dukung Transformasi Digital, Assemblr Hadir dalam Tech for Business 2023

Dukung Transformasi Digital, Assemblr Hadir dalam Tech for Business 2023

6Estates dan FundFluent Bekerjasama untuk Digitalisasi Sistem Pendanaan

6Estates dan FundFluent Bekerjasama untuk Digitalisasi Sistem Pendanaan

6Estates dan FundFluent Bekerjasama untuk Digitalisasi Sistem Pendanaan

BintanGO Raih Investasi Hingga 72 Miliar

BintanGO Raih Investasi Hingga 72 Miliar

BintanGO Raih Investasi Hingga 72 Miliar

bottom of page