top of page

Trace+: Meningkatkan Produktivitas Karyawan, Memajukan Daya Saing Bisnis


Produktivitas karyawan menjadi faktor penting untuk menunjang keberhasilan bisnis. Produktivitas yang tinggi dapat meningkatkan efisiensi perusahaan, profit, kepuasan pelanggan, dan keunggulan kompetitif. Namun, di samping produktivitas yang tinggi, tingkat produktivitas yang rendah menjadi tantangan yang seringkali dihadapi perusahaan-perusahaan. Hal ini dapat mendorong munculnya masalah-masalah baru, seperti berkurangnya tingkat produksi dan menurunnya kualitas kerja, yang dapat berdampak negatif pada pendapatan dan reputasi perusahaan.


Ada beberapa jenis masalah internal yang dapat mempengaruhi produktivitas karyawan, seperti:

  • Manajemen waktu yang tidak efektif. Kesulitan karyawan dalam melakukan manajemen waktu dapat mengakibatkan pekerjaan menumpuk atau deadline pekerjaan yang terlewat.

  • Inefisiensi proses kerja. Perusahaan mungkin memiliki proses kerja yang tidak efisien, seperti entri data manual atau dokumen berbasis kertas, sehingga dapat memperlambat pekerjaan dan menurunkan produktivitas karyawan.

  • Kurangnya motivasi. Karyawan yang tidak termotivasi atau tidak terlibat secara emosional dapat menjadi kurang produktif dalam menyelesaikan pekerjaan mereka.


Untuk mengatasi masalah-masalah internal tersebut, perusahaan dapat mengambil beberapa langkah sebagai solusi, di antaranya:

  • Memberikan pelatihan untuk membantu karyawan dalam melakukan manajemen waktu dan mengembangkan keterampilan.

  • Mengoptimalkan proses kerja yang tidak efisien untuk mengurangi kesalahan yang mungkin dilakukan karyawan.

  • Meningkatkan motivasi karyawan dengan memberikan penghargaan atau insentif yang tepat, melakukan bonding, dan membangun lingkungan kerja yang positif.


Selain dengan menerapkan solusi-solusi tersebut, perusahaan juga bisa menggunakan solusi berbasis SaaS seperti yang ditawarkan oleh Trace+, salah satu portofolio GK-Plug and Play, untuk membantu meningkatkan produktivitas karyawan agar daya saing perusahaan lebih baik.


Trace+ adalah startup asal Singapura yang didirikan pada 2020 oleh Jean-Francois Gebhart dan Nitin Gupta. Trace+ dapat meningkatkan produktivitas karyawan di tempat kerja dengan teknologi Artificial Intelligence (AI) yang didukung oleh fitur-fitur seperti:


  • Intelligent Mapping

Fitur ini dapat melacak mobilitas karyawan di lokasi atau tempat kerja.


  • Smart Data Analysis

Fitur ini dapat menganalisis data-data tentang interaksi, pergerakan, dan posisi karyawan untuk membantu mengoptimalkan produktivitas dan keselamatan mereka di tempat kerja.


  • Instant Awareness

Dengan aplikasi atau website yang dimiliki Trace+, karyawan dapat mengakses data-data tentang performa kerja mereka secara mandiri.


Simak selengkapnya tentang produk Trace+ di sini


Trace+ berkomitmen untuk membantu perusahaan dalam menjaga produktivitas dan keselamatan karyawan dengan menggabungkan perangkat IoT dan platform AI. Serta membantu mengurangi inefisiensi yang terjadi selama proses kerja.


GK-Plug and Play mendukung startup-startup inovatif dalam menyelesaikan problem-problem yang dihadapi oleh bisnis-bisnis, salah satunya dalam hal manajemen karyawan. Trace+ adalah salah satu dari sekian banyak startup dari portofolio Plug and Play yang berfokus di bidang tersebut.



Tentang Trace+

Trace+ adalah startup IoT yang berbasis di Singapura dan didirikan pada 2020 oleh Jean-Francois Gebhart dan Nitin Gupta. Layanannya berfokus pada manajemen produktivitas dan keselamatan karyawan.


Informasi lebih lanjut, kunjungi halaman web dan linkedin Trace:

Recent Posts
Dukung Transformasi Digital, Assemblr Hadir dalam Tech for Business 2023

Dukung Transformasi Digital, Assemblr Hadir dalam Tech for Business 2023

Dukung Transformasi Digital, Assemblr Hadir dalam Tech for Business 2023

6Estates dan FundFluent Bekerjasama untuk Digitalisasi Sistem Pendanaan

6Estates dan FundFluent Bekerjasama untuk Digitalisasi Sistem Pendanaan

6Estates dan FundFluent Bekerjasama untuk Digitalisasi Sistem Pendanaan

BintanGO Raih Investasi Hingga 72 Miliar

BintanGO Raih Investasi Hingga 72 Miliar

BintanGO Raih Investasi Hingga 72 Miliar

bottom of page