top of page

Fairphonic: Mempermudah Perusahaan Musik dalam Melindungi Hak Cipta


Dalam industri musik, hak cipta adalah hak eksklusif untuk memproduksi, mendistribusikan, dan menjual karya musik yang dimiliki oleh perusahaan musik. Namun, seringkali perusahaan musik mengalami pelanggaran hak cipta atau pembajakan karena karya mereka yang mudah disalin, didistribusikan, dan digunakan oleh orang atau perusahaan lain tanpa izin.


Pelanggaran hak cipta bisa sangat merugikan perusahaan musik. Jika karya musik didistribusikan tanpa izin dari pemilik hak cipta, perusahaan musik bisa kehilangan pendapatan dari penjualan lagu atau albumnya. Selain itu, pelanggaran hak cipta juga dapat mengurangi kepercayaan masyarakat terhadap industri musik dan dapat merusak citra perusahaan musik itu sendiri.


Untuk mengatasi tantangan tersebut, perusahaan musik bisa menerapkan Digital Rights Management sebagai solusi untuk melindungi hak cipta musik dari pembajakan. Selain dapat mencegah pembajakan, Digital Rights Management memiliki fungsi lain seperti:


  • Mengendalikan akses

Teknologi ini membantu perusahaan musik dalam menyederhanakan atau mempermudah proses manajemen karya musik.


  • Meningkatkan keamanan

Teknologi ini membantu perusahaan musik dalam meningkatkan keamanan data dan mencegah penyebaran virus pada karya musik.


  • Menciptakan nilai tambah

Teknologi ini membantu perusahaan musik dalam menciptakan nilai tambah pada karya musik yang mereka produksi melalui perlindungan hak cipta.


Fairphonic, salah satu portofolio GK-Plug and Play, adalah startup asal Singapura yang berfokus dalam penyediaan teknologi Digital Rights Management. Fairphonic didirikan pada 2019 oleh Tang Heng Yang. Startup ini menyediakan teknologi berbasis artificial intelligence (AI) yang dapat mendeteksi pelanggaran hak cipta di bidang musik yang tidak bisa diklaim dan mengoptimalkan seluruh pendapatan royalti untuk perusahaan musik. Dengan kata lain, teknologi ini bisa membantu perusahaan musik dalam melakukan proses penghitungan royalti dan pembayaran hak cipta mereka.


Layanan utama dari Fairphonic juga meliputi:


  • Digital Media Platforms

Layanan ini memungkinkan perusahaan musik bisa mendapatkan perlindungan hak cipta untuk karya musiknya di berbagai jenis media digital.


  • Content Rightsholders

Layanan ini memungkinkan perusahaan musik bisa mendeteksi dan menganalisis hak cipta atas karya-karyanya dengan data yang diperoleh secara real-time.


Fairphonic adalah startup yang menyediakan teknologi perlindungan hak cipta terpercaya. Mereka berkomitmen untuk membantu perusahaan musik agar karya-karya mereka dapat diberi nilai yang pantas oleh masyarakat. Melalui solusi yang ditawarkan Fairphonic, perusahaan musik dapat melindungi hak cipta mereka di berbagai jenis media digital dan meningkatkan pendapatan mereka melalui manajemen royalti yang efektif.


GK-Plug and Play mendukung startup-startup inovatif dalam menyelesaikan problem-problem yang dihadapi oleh bisnis-bisnis, salah satunya dalam hal perlindungan hak cipta. Fairphonic adalah salah satu dari sekian banyak startup dari portofolio Plug and Play yang berfokus di bidang tersebut.



Tentang Fairphonic

Fairphonic, salah satu portofolio GK-Plug and Play, adalah startup asal Singapura yang berfokus dalam penyediaan teknologi Digital Rights Management. Fairphonic didirikan pada 2019 oleh Tang Heng Yang.


Informasi lebih lanjut, kunjungi halaman web dan linkedin Otospector:

Recent Posts
Dukung Transformasi Digital, Assemblr Hadir dalam Tech for Business 2023

Dukung Transformasi Digital, Assemblr Hadir dalam Tech for Business 2023

Dukung Transformasi Digital, Assemblr Hadir dalam Tech for Business 2023

6Estates dan FundFluent Bekerjasama untuk Digitalisasi Sistem Pendanaan

6Estates dan FundFluent Bekerjasama untuk Digitalisasi Sistem Pendanaan

6Estates dan FundFluent Bekerjasama untuk Digitalisasi Sistem Pendanaan

BintanGO Raih Investasi Hingga 72 Miliar

BintanGO Raih Investasi Hingga 72 Miliar

BintanGO Raih Investasi Hingga 72 Miliar

bottom of page