top of page

Grand Launching Aplikasi Aria Tani untuk Bantu Petani Hasilkan Produk Berkualitas


Aria, salah satu portofolio GK-Plug and Play, berhasil meluncurkan aplikasi Aria Tani yang bertujuan untuk membantu petani-petani dalam memanfaatkan layanan drone spraying. Untuk memaksimalkan pemanfaatan drone spraying tersebut, petani-petani dapat berinteraksi dan berkonsultasi langsung dengan ahli agronomi dari Aria.


Dalam industri pertanian, drone spraying memiliki beberapa fungsi, yaitu:


  • Penyemprotan pestisida

Drone dilengkapi dengan sistem penyemprot yang dapat mengeluarkan pestisida dengan presisi tinggi, sehingga memastikan pengendalian hama atau penyakit yang optimal pada tanaman.


  • Pemupukan

Drone dapat dilengkapi dengan perangkat yang mampu mengukur dan mengatur jumlah dan jenis pupuk yang disemprotkan sesuai dengan kebutuhan tanaman. Hal ini membantu meningkatkan pertumbuhan dan kualitas tanaman secara keseluruhan.


  • Pemantauan tanaman

Drone spraying dilengkapi dengan kamera dan sensor yang dapat memantau kondisi tanaman secara real-time. Mulai dari pemantauan tingkat kelembaban, suhu, dan masalah kesehatan tanaman lainnya. Informasi ini dapat digunakan untuk analisis dan pengambilan keputusan yang lebih baik dalam manajemen pertanian.


  • Pemetaan lahan

Drone dilengkapi dengan teknologi pemetaan seperti pemetaan citra udara yang dapat menghasilkan informasi peta yang detail tentang kondisi lahan, struktur tanaman, dan topografi. Pemetaan lahan ini membantu perencanaan tanaman, manajemen sumber daya, dan penggunaan lahan yang lebih efisien.


Grand launching aplikasi Aria Tani diselenggarakan pada 17 Maret 2023 di Kusuma Agrowisata Resort & Convention Hotel, Batu, Malang. Acara ini dihadiri ratusan petani Jawa Timur dan pejabat pemerintah setempat dari Malang. Aria juga mengundang mitra-mitranya, seperti PT Satrindo Mitra Utama, Gokomodo, dan Nobu Bank.


Peluncuran aplikasi ini adalah komitmen Aria untuk membantu meningkatkan ketahanan pangan Indonesia. Menurut The Economist Impact, Indonesia menduduki skor Indeks Ketahanan Pangan Global yang rendah, yakni berada di tingkat ke-63 dari 113 negara. Oleh karena itu, diperlukan upaya-upaya untuk meningkatkan skor tersebut. Selain dengan memastikan distribusi pangan yang efisien, produktivitas dalam menghasilkan produk berkualitas juga perlu menjadi perhatian.


Berkaca pada fakta tersebut, Aria memberikan solusi #PertanianKinidanNanti melalui aplikasi Aria Tani. Aria berusaha memberikan produk dan layanan terbaik agar petani-petani dapat menghasilkan produk berkualitas untuk membuat ketahanan pangan Indonesia lebih baik.


Aria, salah satu portofolio GK-Plug and Play, adalah startup agritech yang berfokus dalam pengembangan industri pertanian di Indonesia dengan infrastruktur digital untuk meningkatkan efisiensi operasional dan produksi.


Artikel selengkapnya dapat dibaca di sini.



Tentang Aria

Aria, salah satu portofolio GK-Plug and Play, adalah startup agritech yang didirikan oleh William Sjaichudin, Arden Lim, dan Yosa Rosario pada 2021. Startup ini menawarkan teknologi drone, IoT, dan big data untuk transformasi pertanian di Indonesia menjadi lebih efisien dan efektif.


Informasi lebih lanjut, kunjungi halaman web dan linkedin Assemblr:

Recent Posts
Dukung Transformasi Digital, Assemblr Hadir dalam Tech for Business 2023

Dukung Transformasi Digital, Assemblr Hadir dalam Tech for Business 2023

Dukung Transformasi Digital, Assemblr Hadir dalam Tech for Business 2023

6Estates dan FundFluent Bekerjasama untuk Digitalisasi Sistem Pendanaan

6Estates dan FundFluent Bekerjasama untuk Digitalisasi Sistem Pendanaan

6Estates dan FundFluent Bekerjasama untuk Digitalisasi Sistem Pendanaan

BintanGO Raih Investasi Hingga 72 Miliar

BintanGO Raih Investasi Hingga 72 Miliar

BintanGO Raih Investasi Hingga 72 Miliar

bottom of page