Keuntungan-Keuntungan Bekerja Sama Dengan Startup


Startup sebagai sebuah badan usaha memiliki sesuatu yang tidak dimiliki oleh korporasi besar. Selain itu, startup memiliki terobosan-terobosan inovatif baik secara gagasan maupun seara praktek.

3 Keunggulan Startup

1. Problem Discovery


Uber dan AirBnB, di awal kemunculan mereka mendapatkan banyak sekali sanggahan bahkan banyak yang mencela model bisnis mereka. Pada tahun 2019 Uber nyatanya memiliki kapitalisasi pasar sekitar 7 triliun yen, dan AirBnB memiliki 10 triliun yen. Ini berkat kemampuan mereka menemukan titik tengah antara pasar dan pengguna. Bahwa ada jeda di rantai yang menghubungkan pengguna, dengan penyedia layanan/penjual produk. Dan dari jeda tersebut mereka menciptakan sebuah inovasi yang tidak hanya berguna bagi pengguna, tapi juga mendapatkan keuntungan besar dengannya.


2. Minimum Viable Product (MVP) & Product Market Fit (PMF)


MVP adalah bagaimana sebuah versi minimum dari sebuah produk bisa memberikan nilai kepada pelanggan. Yang lalu ketika produk tersebut selesai, apakah produk tersebut sesuai dengan pasarnya (PMF)? Atau apakah produk tersebut memenuhi kebutuhan pelanggan/pengguna di pasar? Ketika kedua hal tersebut sudah terpenuhi, startup akan menjadikan produk mereka sebagai dasar bisnis dan terus mengembangkan dan memperbaikinya sesuai dengan kritik dan saran dari para penggunanya.


3. Kecepatan (Speed)


Karena startup didesain untuk berkembang secepat mungkin, kecepatan tersebut juga menjadi dasar dalam setiap keputusan bisnis dan operasional startup tersebut. Seperti kecepatan dalam memproses data, pengembangan produk dan dalam menyikapi perubahan dalam pasar. Oleh karena itu kerja sama antara korporasi dengan startup akan memudahkan korporasi tersebut dalam menginovasi produk, pelayanan, dokumentasi data bahkan perusahaan itu sendiri.



GK-Plug and Play Sebagai Platform Open Innovation


GK-Plug and Play mendukung Corporate Innovation dengan mencocokkan perusahaan besar dengan startup-startup perkembangannya pesat. Sebagai rekan perusahaan, GK-Plug and Play akan bekerja sama dalam menghadapi tantangan-tantangan yang perusahaan anda hadapi. Seperti efisiensi operasional, pengurangan biaya operasional, dan formulasi bisnis-bisnis baru.


Untuk bekerja sama dengan GK-Plug and Play, klik di sini


Recent Posts

Gandeng GK-Plug and Play, Program SYNRGY Accelerator Batch 2 Siap Dimulai!

Manfaatkan Teknologi Ekosistem, GK-Plug and Play Adakan Final Pitch Batch 6 secara Virtual

learnfromhome, learnfromhome

#LearnFromHome with Octagon Studio

Load More
Want to receive the latest industry trends, news and events updates?
Yes! Sign me up for your newsletter!