top of page

Opaper: Memudahkan Kegiatan Operasional di Bisnis F&B


Saat ini, bisnis F&B telah berkembang dan mampu menjalankan kegiatan operasional secara digital. Digitalisasi adalah salah satu faktor yang membawa perubahan signifikan dalam kemudahan menjalankan bisnis F&B. Melalui digitalisasi, bisnis F&B dapat mencapai pengelolaan yang lebih efisien, komunikasi yang lebih baik, dan pemantauan yang lebih mudah. Meskipun demikian, sebelum adanya digitalisasi, ada beberapa tantangan dalam mengatur bisnis F&B yang mungkin masih dihadapi oleh bisnis-bisnis lain saat ini, seperti:


  • Manajemen Pesanan dan Komunikasi

Sebelum adanya sistem digital, proses pemesanan makanan dan minuman umumnya dilakukan secara manual melalui telepon atau tatap muka. Hal ini dapat menyebabkan kesalahan dalam komunikasi, kehilangan pesanan, atau kebingungan dalam mengelola pesanan yang kompleks.


  • Manajemen Stok dan Persediaan

Tanpa sistem digital yang terintegrasi, manajemen stok dan persediaan biasanya dilakukan secara manual. Hal ini dapat mengakibatkan kesulitan dalam memantau persediaan, menghitung penjualan, dan memprediksi kebutuhan stok secara akurat.


  • Pengelolaan Keuangan dan Pembayaran

Sebelum digitalisasi, bisnis F&B sering menghadapi tantangan dalam mengelola keuangan dan pembayaran. Transaksi tunai menjadi metode pembayaran yang umum, dan pencatatan manual menjadi hal yang rumit dan memakan waktu. Hal ini dapat mempengaruhi efisiensi dan akurasi dalam pelaporan keuangan.


  • Efisiensi Operasional

Kegiatan operasional, seperti pengambilan pesanan, pengolahan pembayaran, atau penyimpanan data manual, bisa memperlambat efisiensi dan meningkatkan risiko kesalahan. Tantangan ini dapat menghambat laju bisnis dan menyulitkan pengembangan atau ekspansi.


Opaper, salah satu portofolio GK-Plug and Play, berfokus menyediakan aplikasi ponsel yang membantu bisnis F&B dalam mengotomatisasi aktivitas operasional mereka. Dalam aplikasi ini terdapat fitur Point-of-Sales (PoS), menu QR, dan toko online yang bertujuan untuk mengubah sistem keuangan menjadi digital, sehingga mengurangi ketergantungan pada kasir fisik. Dengan aplikasi dari Opaper, bisnis F&B dapat menghemat biaya dengan mengurangi jumlah kasir dan pelayan, meningkatkan volume penjualan, serta mendapatkan akses ke data pelanggan dalam jumlah besar.


Opaper didirikan pada tahun 2021 oleh Joanathan McIntosh, Founder Opaper, yang berpengalaman sebagai produk manajer untuk berbagai startup dan perusahaan terkemuka di Amerika Serikat (AS), seperti Uber dan Lyft. Ia juga berpengalaman di industri F&B karena pernah mendirikan toko roti. Anggota tim pendiri Opaper lainnya juga berpengalaman di perusahaan-perusahaan besar, seperti Uber dan Shopee.


Hingga saat ini, aplikasi Opaper telah diunduh sebanyak 50 ribu kali. Selain itu, Opaper juga telah memiliki sekitar 19.000 merchant page aktif yang tersebar di 100 kota di Indonesia. Adapun fitur-fitur utama yang ada di aplikasi Opaper di antaranya:


  • Website & Menu Online

Fitur ini memungkinkan bisnis F&B dapat memiliki menu berbentuk website online yang sederhana dan dapat diakses dari mana saja.


  • Pembayaran Terintegrasi

Fitur ini menyediakan sebuah kode QR untuk bisnis F&B, sehingga pelanggan dapat menggunakan kode tersebut untuk melakukan pembayaran melalui berbagai opsi, seperti dompet digital, e-wallet, dan bank yang mereka pilih.


  • Pengiriman Kurir Efisien

Fitur ini memungkinkan pelanggan dapat memesan, melacak dan merekap orderan mereka secara mandiri.


Opaper berkomitmen untuk memberikan solusi yang efektif dalam mengoptimalkan bisnis F&B. Melalui fitur-fitur yang ditawarkan oleh Opaper, pemilik-pemilik bisnis F&B dapat mengalami kemudahan dan efisiensi dalam mengatur pesanan mereka. Dengan Opaper, bisnis F&B dapat menghadirkan pengalaman yang lebih baik bagi pelanggan mereka dan mencapai kesuksesan yang lebih besar.


GK-Plug and Play mendukung startup-startup inovatif dalam menyelesaikan problem-problem yang dihadapi oleh bisnis-bisnis, salah satunya dalam hal digitalisasi bisnis F&B. Opaper adalah salah satu dari sekian banyak startup dari portofolio Plug and Play yang berfokus di bidang tersebut.



Tentang Opaper

Opaper, salah satu portofolio GK-Plug and Play, berfokus menyediakan aplikasi ponsel yang membantu bisnis F&B dalam mengotomatisasi aktivitas operasional mereka.. Opaper adalah startup yang didirikan pada tahun 2021 oleh Joanathan McIntosh.


Informasi lebih lanjut, kunjungi halaman web dan linkedin Opaper:


コメント


Recent Posts
Dukung Transformasi Digital, Assemblr Hadir dalam Tech for Business 2023

Dukung Transformasi Digital, Assemblr Hadir dalam Tech for Business 2023

Dukung Transformasi Digital, Assemblr Hadir dalam Tech for Business 2023

6Estates dan FundFluent Bekerjasama untuk Digitalisasi Sistem Pendanaan

6Estates dan FundFluent Bekerjasama untuk Digitalisasi Sistem Pendanaan

6Estates dan FundFluent Bekerjasama untuk Digitalisasi Sistem Pendanaan

BintanGO Raih Investasi Hingga 72 Miliar

BintanGO Raih Investasi Hingga 72 Miliar

BintanGO Raih Investasi Hingga 72 Miliar

bottom of page