top of page

Transformasi Bizhare: Rebranding Karakter, Prinsip, dan Value


Pioneer Platform Securities Crowdfunding Bizhare, yang merupakan salah satu bagian dari portofolio GK-Plug and Play, resmi melakukan rebranding pada awal tahun 2023 ini untuk mencerminkan karakter, prinsip, dan nilai-nilai yang mendasarinya. Bizhare telah menghadirkan perubahan dengan mengadopsi logo baru berwarna biru yang lebih segar dan futuristik sebagai identifikasi terbaru dalam operasional bisnisnya, serta memperluas peran untuk mengakomodasi investor maupun UMKM. Selain itu, Bizhare juga menunjukkan komitmennya yang semakin kuat dalam memberikan kontribusi yang signifikan bagi masyarakat Indonesia dalam memberikan pelayanan yang #TransparanBikinAman dengan semangat "Adding Value" melalui rebranding yang dilakukan.


Sebelumnya, pada awal Bizhare berdiri tahun 2018, oleh Heinrich Vincent, Giovanni Umboh dan Gatot Adhi Wibowo, belum ada regulasi mengenai Equity dan Securities Crowdfunding di Indonesia. Namun, dengan kegigihan nya, Bizhare kemudian bersama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) turut menyusun POJK 37 tahun 2018 dan akhirnya berhasil memperoleh izin sebagai Penyelenggara Layanan Urun Dana Melalui Penawaran Efek Berbasis Teknologi Informasi (Securities Crowdfunding) terdepan yang telah mendapatkan izin dari OJK dengan No Keputusan SK : 71/D.04/2019 sejak tahun 2019 sebagai penyelenggara Equity Crowdfunding. Kini, prestasinya semakin menonjol dengan berhasil memperluas cakupan izinnya menjadi Securities Crowdfunding dengan No Keputusan SK : KEP-38/ D.04/2021. Tidak hanya itu, Bizhare juga telah meraih sertifikasi ISO 270001:2013 tentang sistem manajemen keamanan informasi pada tahun 2019. Karena perluasan izin tersebut, Bizhare berhasil mengoptimalkan berbagai layanannya, seperti:


  • Upaya Mendukung UMKM

Sebagai platform Securities Crowdfunding terbaik dan terdepan di Indonesia yang telah berkembang bersama masyarakat untuk memajukan perekonomian Indonesia dengan semangat gotong royong dalam memajukan bisnis UMKM dan waralaba selama hampir setengah dekade di Indonesia. Sebelumnya, Bizhare hanya dapat membuka peluang akses modal bagi badan usaha yang berbentuk PT. Namun, kini, akses modal tersebut juga bisa dirasakan oleh badan usaha yang berbentuk CV melalui penawaran Obligasi/Sukuk. Langkah ini diambil untuk memperkuat visi Bizhare agar menjadi ekosistem bisnis dan investasi yang paling terintegrasi di Indonesia, dengan tujuan membantu lebih banyak masyarakat Indonesia untuk bebas secara finansial.


  • Diversifikasi Instrumen Keuangan

Sebelumnya, melalui platform dari Bizhare, kesempatan untuk berinvestasi hanya dapat dilakukan untuk instrumen keuangan berbentuk ekuitas dan saham. Namun, dalam perkembangannya saat ini, para investor diberikan peluang yang lebih luas untuk berinvestasi dalam bentuk obligasi dan sukuk melalui platform Bizhare.


  • Optimasi Fitur

Pada awalnya, investasi melalui Bizhare hanya dapat dilakukan melalui situs web. Namun, Bizhare telah berhasil meluncurkan sebuah aplikasi untuk pengguna Android dan iOS, seperti menyempurnakan tampilan dan pengalaman pengguna, baik dari sisi investor maupun penerbit UMKM bisa secara langsung merasakan nilai tambah, serta menambahkan fitur keamanan dan manfaat lainnya yang lebih besar lagi. Salah satunya dengan user interface aplikasi Bizhare yang semakin user friendly, serta berbagai fitur-fitur menarik di aplikasi Bizhare sebagai perwujudan dari nilai tambah (Adding Value) sesuai konsep dari logo baru Bizhare itu sendiri. Langkah rebranding ini juga merupakan bagian penting dari upaya Bizhare dalam untuk meningkatkan kualitas layanannya, dengan tujuan memberikan pengalaman yang aman dan nyaman sehingga investor akan lebih mudah melakukan proses investasi.


Selain itu, sebagai upaya rebranding, Bizhare juga menghadirkan fitur-fitur baru yang menarik dan memberikan nilai tambah bagi pengguna di aplikasinya yaitu, Bizhare Loyalty Program (BLP). Program ini merupakan program loyalitas pelanggan yang memberikan berbagai macam reward dan benefit menarik serta menghadirkan beragam keistimewaan untuk para pengguna Bizhare. Ini merupakan langkah pertama dan satu-satunya di Industri Securities Crowdfunding yang bukan hanya memberikan kenyamanan dan loyalitas bagi investor, namun memberikan dampak positif bagi para pelaku UMKM, melalui pengalaman online to offline, yang memungkinkan user Bizhare untuk mendapatkan poin saat berbelanja di outlet dari penerbit Bizhare dan meningkatkan omset dari bisnis tersebut.


Dengan transformasi ini, Bizhare percaya dapat selalu menjadi Platform Investasi Digital dengan teknologi terdepan baik dari sisi cakupan dan skala yang semakin luas untuk dapat terus berinovasi dan memberikan kemudahan serta kenyamanan bagi Investor dan UMKM di seluruh Indonesia, serta untuk menjadi ekosistem bisnis dan investasi yang paling terintegrasi di Indonesia dalam membantu lebih banyak masyarakat Indonesia untuk bebas secara finansial.


Saat ini Bizhare juga tengah dalam tahap akhir pendanaan Pra-Series A untuk bisa mengokohkan posisi sebagai market leader di Securities Crowdfunding pada khususnya, juga mengajak investor dari kalangan High Networth Individual dan institusi seperti Bank, Asset Management, Family Office, Yayasan, Koperasi untuk berinvestasi sebagai investor di Bizhare, dan terus menciptakan inovasi-inovasi terdepan di sektor investasi dan keuangan baik di Indonesia maupun dunia internasional.



GK-Plug and Play mendukung startup-startup inovatif dalam menyelesaikan problem-problem yang dihadapi oleh bisnis-bisnis, salah satunya dalam hal akses pendanaan bagi UMKM. Bizhare adalah salah satu dari sekian banyak startup dari portofolio Plug and Play yang berfokus di bidang tersebut.


Artikel selengkapnya dapat dibaca di sini.



Tentang Bizhare

Bizhare adalah Penyelenggara Layanan Urun Dana Melalui Penawaran Efek Berbasis Teknologi Informasi (Securities Crowdfunding) terdepan yang telah mendapatkan izin Equity Crowdfunding dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan No Keputusan SK : 71/D.04/2019 dan menjadi yang pertama mendapatkan perluasan izin menjadi Securities Crowdfunding dari OJK dengan No Keputusan SK : KEP-38/ D.04/2021, serta sudah mendapatkan sertifikasi ISO 270001:2013 tentang sistem manajemen keamanan informasi di tahun 2019. Kami membantu sebagai penghubung antara Penerbit dengan Investor di seluruh Indonesia untuk berinvestasi bisnis secara patungan bersama-sama, melalui berbagai jenis efek seperti saham, obligasi dan sukuk, di berbagai industri UMKM, Franchise, dan lainnya.


Bizhare juga sudah bekerjasama dengan KSEI dalam hal penitipan saham secara scripless dan telah melakukan perdagangan di pasar sekunder (secondary market) pertama di Indonesia, melalui Platform Bizhare yang sudah diluncurkan tanggal 1-12 Februari 2021 yang lalu, sehingga likuiditas saham penerbit yang diinvestasikan para investor akan menjadi lebih likuid.


Selain melalui website www.bizhare.id, Saat ini, aplikasi Bizhare kini sudah dapat diunduh melalui Google Playstore dan Appstore untuk semakin mudah #PatunganAja dan Miliki Bisnis Apapun dalam Satu Genggaman Tangan, sekaligus menghadirkan inovasi produk Sukuk pertama di Indonesia di platform Securities Crowdfunding Bizhare pada acara Bizhare Investment Conference 2021. Pada tanggal 6-8 Mei 2022, Bizhare juga mendukung penuh dan menjadi bagian dari rangkaian acara G20 di Nusa Dua Bali, terutama dalam hal melakukan pendampingan dan pendanaan bagi para pelaku bisnis UMKM di seluruh Indonesia.


Bizhare juga secara konsisten berhasil menjadi Platform Securities Crowdfunding terbaik di Indonesia yang #TransparanBikinAman, dengan meluncurkan berbagai terobosan seperti Bizhare Loyalty Program yang dapat memberikan reward dan benefit kepada para investor, hingga jenis pendanaan yang semakin inovatif seperti startup dan film bersama dengan Adhya Pictures, yang didukung penuh oleh Bapak Menteri Sandiaga Uno dan Kemenparekraf.


Informasi mengenai Bizhare

Website : www.bizhare.id

Instagram : @bizhare.id

Youtube : BizhareTV

Tiktok : @bizhare.id

LinkedIn : Bizhare

Comments


Recent Posts
Dukung Transformasi Digital, Assemblr Hadir dalam Tech for Business 2023

Dukung Transformasi Digital, Assemblr Hadir dalam Tech for Business 2023

Dukung Transformasi Digital, Assemblr Hadir dalam Tech for Business 2023

6Estates dan FundFluent Bekerjasama untuk Digitalisasi Sistem Pendanaan

6Estates dan FundFluent Bekerjasama untuk Digitalisasi Sistem Pendanaan

6Estates dan FundFluent Bekerjasama untuk Digitalisasi Sistem Pendanaan

BintanGO Raih Investasi Hingga 72 Miliar

BintanGO Raih Investasi Hingga 72 Miliar

BintanGO Raih Investasi Hingga 72 Miliar

bottom of page